Minggu, 09 Juni 2013

Bagaimana Cara Merawat Pompa Air?

http://pompa-plus.blogspot.com/
Pompa air yang bermasalah bisa jadi merupakan akibat dari kelalaian si pemilik dalam melakukan perawatan. Sebagaimana peralatan elektronik ataupun non-elektronik lainnya, perawatan adalah hal yang harus dilakukan secara tepat, di samping pemilihan dan penggunaannya.

Bagaimana Cara Merawat Pompa Air?
Tidak sulit memiliki pompa air yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun dalam kondisi baik dan layak digunakan jika tahu caranya. Tentu saja dengan catatan, pompa air tersebut memang produk yang berkualitas, bukan ecek-ecek.

a. Bersihkan pompa air secara berkala
Perawatan secara rutin akan menjaga kebersihan pompa dari kotoran atau karat, yang jika dibiarkan akan membuat pompa cepat rusak. Perhatikan teknik dalam membersihkan pompa, jangan sampai malah merusak bagian-bagian pompa.

b. Hindari menempatkan terlalu banyak steker di stop kontak untuk pompa
Banyaknya steker yang terdapat di stop kontak (pompa) akan meningkatkan resiko terjadinya kebakaran karena panas berlebih. Di samping itu, tindakan ini juga dapat membebani listrik.

c. Meletakkan pompa di tempat yang teduh/terlindung
Carilah tempat yang teduh/terlindung untuk meletakkan pompa. Hindarkan pompa air dari kontak langsung dengan sinar matahari ataupun air hujan, karena akan merusak bagian motornya, mengurangi masa efektif pompa, serta menambah resiko kejutan listrik.

d. Lebih disiplin dalam penggunaan pompa sistem non-otomatis
Jika Anda tidak menggunakan sistem otomatis pada pompa air, segera matikan pompa saat penampungan penuh agar mesin tidak cepat rusak.

e. Tidak mengoperasikan pompa tanpa air
Ada kalanya orang mengoperasikan pompa dalam keadaan kering/tidak ada air, padahal tindakan ini dapat merusak motor sehingga pompa akan lebih cepat mengalami kerusakan.

f. Tidak membungkus pompa
Membungkus pompa tidak membantu memperpanjang usianya. Sebaliknya, justru bisa menimbulkan kebakaran karena panas yang terkumpul. Biarkan saja pompa dalam ruang terbuka, selama tidak terkena sinar matahari ataupun air secara langsung.

g. Pompa tidak terendam air
Selain pompa jenis rendaman, jangan pernah biarkan pompa air Anda terendam air, karena akan merusak pompa lebih cepat dari waktu normal.

0 komentar:

Posting Komentar