Minggu, 04 Agustus 2013

Cara Memperbaiki Pompa Air Panasonic

http://pompa-plus.blogspot.com/
 Sanyo merupakan sebuah alat elektronik, yang pada zaman seperti saat ini sudah merupakan kebutuhan bagi mayoritas penduduk yang umumnya bertempat tingal di kota, berdasarkan perioritas pemakaian. Telah hampir 84% penduduk indonesia menggunakan sanya/pompa air.
Pada pertemuan kita saat ini, saya akan membahas bagaimana cara agar sanyo kita dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Saya akan mengambil contoh sebuah pompa otomatis national/panasonic 125.
dalam memperbaiki pompa air, hal utama yang harus kita perhatikan adalah, perputaran kumparan spool/dinamo. Sebuah perputaran normal, akan berputar searah dengan jarum jam dan memiliki rotasi yang besar. Perhatikan juga kondisi arus listrik, apa bila sedang terjadi arus pendek, maka disarankan untuk mereverasi pompa anda lain hari.
Selanjutnya untuk membuka mesin, silahkan buka diawali dari cover fan, bagian muka pompa. Setelah cover fan terbuka, tarik impeller/kipas penghisap, lalu bersihkan seluruh permukaan impeller dengan merata. Lalu, buka spit/snap ring yang mengait mechanical seal, lalu buka seal secara perlahan tanpa merusak permukaan yang bermika di sisi depan mechanical seal.
Selanjutnya adalah, buka 3 baut penyangga bodi tabung pompa, lalu bersihkan seluruh bagian dalam pompa. Lalu, untuk lahar, dan kumparan, silahkan buka cover block di bagian muka dari kumparan. Dan bersihkan.
nb :

    kumparan/gulungan dinamo mesin, jangan sampai terkena air. Karena dapat menyebabkan arus pendek dan merusak kumparan.


Setelah selesai membuka, dan membersihkan seluruh bagian dari mesin, kita akan merakit/memasang kembali pompa yg telah kita bersihkan, untuk dipakai kembali.

0 komentar:

Posting Komentar