Rabu, 08 Mei 2013

Pompa Air Panasonic Tergolong Bagus

http://pompa-plus.blogspot.com/
Banyaknya merk dan jenis pompa air rumah tangga yang beredar di pasar tentu bisa membuat anda binggung untuk menentukan plihan. Untuk dapat memilih pompa air yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang penting anda memiliki informasi yang akurat sebelum membeli. Tanpa informasi tersebut bukan anda saja yang bingung, toko penjual pompa pun akan bingung memilihkan pompa yang tepat untuk anda.



Informasi yang paling penting untuk anda ketahui adalah jenis sumber air, apakah berasal dari sumur bor, sumur gali, penampungan air? Setelah itu anda perlu mengetahui berapa kedalaman permukaan air sumber air terutama pada saat musim kemarau. Kedalaman sumur tentunya berbeda dengan kedalaman permukaan air. Yang pasti kedalaman sumur harus lebih dalam dari kedalaman permukaan air. Kedalaman permukaan air adalah jarak dari permukaan air hingga ke pompa air secara vertical. Untuk mengetahui kedalaman permukaan air, biasanya anda tinggal bertanya kepada tukang bor-nya. Biasanya mereka memiliki pengalaman untuk mengetahui berapa kedalaman permukaan air di tempat anda. Bila sumber air yang akan anda gunakan adalah sumber air yang lama, anda dapat mengukur sendiri ketinggian air dengan memasukkan paku yang diikat dengan benang. Anda harus mengulur dan menarik tali tersebut, hingga pada ketinggian tertentu paku tersebut basah.

Berdasarkan kedalaman permukaan air kita bisa menentukan jenis pompa . Ada 3 kategori pompa air untuk rumah tangga dan masing-masing mempunyai 2 type yaitu; otomatis dan tidak otomatis.

1. Pompa sumur dangkal, untuk kedalaman permukaan air 9m.

2. Pompa air semi Jet, untuk kedalaman permukaan air 11m.

3. Pompa sumur dalam/ jet pump, untuk kedalaman permukaan air 15m.

Pada sumur bor yang mengunakan pompa untuk 15m cassing sumurnya harus menggunakan pipa 4″ karena pipa yang masuk kedalam sumur terdiri 2 pipa (pipa pompa dan pipa hisap).

Pemilihan besarnya Watt pada pompa air sebaiknya menyesuaikan watt listrik dirumah anda. Besarnya watt dipompa air berarti semakin besar wattnya maka semakin besar volume air yang dihasilkan/dihisap bukan semakin besar wattnya = semakin dalam jangkauan hisapnya. Untuk lebih amannya watt yang tersedia 2x watt pompa air.

1 komentar:

  1. Slamat malam ini sy ada sdikit masalah mohon bantuannya,pompa air sy dirumah bunyinya keras skali sprti mau mledak itu soludinya bagaimana ya?pompa aair sy sudah tidak otomatis lagi jd nnghidupkannya pake saklar,trimakasih

    BalasHapus