Rabu, 16 Januari 2013

Pompa Air Celup

Pompa_Air_Celup.jpg



Sesuai namanya, pompa air listrik ini penggunaannya dicelupkan ke dalam air. Penggunaan yang umum adalah pompa air yang dipakai dalam aquarium untuk mengalirkan air ke tempat penyaringan air sehingga air aquarium terjaga kejernihannya untuk waktu yang lebih lama.

Cara kerjanyapun sama seperti pompa air listrik di atas (no:2), memanfaatkan daya centrifugal dari perputaran kipas impeller untuk mendorong air ke atas. Jenis pompa air celup ini cukup banyak tergantung keperluannya.

Khusus pompa air celup untuk aquarium, pompa air ini tidak menggunakan motor sebagai penggerak impeller-nya melainkan memanfaatkan medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan listrik untuk memutar kipas impeller-nya. Bagian kumparan yang dialiri listrik ter-isolasi rapat agar tidak terjadi short (hubungan singkat). Bagian ini secara fisik tidak terhubung langsung dengan kipas impellernya. Kipas impeller berputar oleh medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan yang dialiris listrik dan tertutup rapat, seperti gambar berikut. Sedang frekuensi putaran impeller sama dengan frekuensi jaringan listrik AC 220 V, yaitu 50 hz.

0 komentar:

Posting Komentar