Kamis, 17 Januari 2013

Pompa Air

Pompa Air
POMPA AIR
Pernahkan Anda mengalami pompa air listrik Anda ngadat? Bila iya, mungkin penyebab dan solusinya sama seperti yang saya alami minggu ini.
Sudah seminggu ini kami sekeluarga direpotkan oleh ngadatnya pompa air (air jet pump). Kadang saat dinyalakan bisa langsung nyala dan memompa air dari sumur ke jaringan pipa. Namun lebih sering mendengung (dalam ilmu tajwid disebut idghom bigunnah) beberapa saat sampai kemudian bertugas kembali memompa air. Bahkan 3 hari lalu, kami dibuat terkejut saat pulang dari jalan-jalan, karena pompa menyala dan memompa air hingga luber. Rupanya saat kami akan berangkat, saya sempat menghidupkan pompa air, dan pompa tidak langsung menyala.
Sempat terpikir untuk membawa pompa air ke tukang servis. Namun bingung dengan pompa air pengganti hingga pompa air tersebut berhasil diperbaiki. Hingga pagi tadi saya sempatkan bertanya ke Mbah Google untuk jenis kerusakan pompa air yang sering ngadat. Dari informasi Mbah Google, saya mendapatkan informasi A1 (valid) kalau penyebab utama pompa air yang berdengung namun tidak berputar karena komponen listrik yang bernama kapasitor mulai berfungsi tidak normal. Solusinya harus diganti dengan yang baru.
Akhirnya setelah pulang dari kantor sore ini, saya melepas kapasitornya dan mencari dengan spesifikasi yang sama di toko elektronik. Saat saya tanya apakah ada kapasitor pompa air 8 mikro farad, di penjaga toko langsung mengangguk dan menyebut merek tertentu. Rupanya dia hafal di luar kepala, bila kapasitor jenis tersebut pasti dari merek tersebut. Lumayan, harganya 31 ribu.
Setiba di rumah, saya pasang kapasitor baru tersebut. Membungkus sambungan kabel dengan isolasi listrik dan menyalakannya. Ajib!!! Pompa langsung menyala tampa harus mengambil nomer antrian.
Ya begitula pekerjaan menjadi kepala rumah tangga. Tidak semua kerusakan harus dibawa ke tukang reparasi. Penting juga untuk belajar memperbaiki peralatan rumah tangga agar bisa menghemat pengeluaran dan tentu saja penanganan masalah dengan cepat dan tepat.

0 komentar:

Poskan Komentar