Sabtu, 19 Januari 2013

Pressure switch

http://pompa-plus.blogspot.com/
Apakah Pressure switch itu? Adalah sebuah sensor yang berfungsi membaca tekanan yang nantinya tekanan itu akan dikonversi menjadi switch ON bila tekanan kurang dari set point atau switch OFF bila tekanan lebih dari set point. Umumnya set default OFF-nya 1.8 kg/cm2 dan ON-nya 1.1 kg/cm2. Switch ON atau OFF ini akan dihubungkan dengan pemakai. Dalam hal ini dihubungkan dengan power listrik untuk pompa. Sehingga ompa akan secara otomatis bekerja berdasarkan tekanan. Pompa akan menyala bila kran air kita buka dan akan mati kembali bila kita tutup kran.
Fungsi inilah yang membuat orang awam akan nama pressure switch, tapi akan mudheng atau mengerti dengan nama otomatis pompa. Sehingga kalau beli pressure switch di toko bangunan, kebanyakan yang jaga bingung, tapi kalau kita bilang otomatisnya pompa, langsung paham.
Pompa air biasanya sudah dilengkapi dengan pressure switch bawaan, semakin mahal / bagus pompa tentu pressure switch bawaan juga semakin bagus, semakin awet atau panjang umurnya. Merek yang kita kenal ada Sanyo, Panasonic, DAP, Wasser, Shimizu, dan lain sebagainya yang membuat pompa air untuk rumahan.
Tapi ketika menjumpai pressure switchnya rusak, kita akan kesulitan menemukan pressure switch yang sesuai dengan merek. Umumnya toko bangunan tidak menjualnya karena tentu spare part asli lebih mahal, melainkan toko tertentu yang lebih lengkap atau besar, dan ini jumlahnya sedikit sekali.
Ada banyak merek yang beredar. Kami pernah membeli pressure switch seharga 10 ribuan, mereknya lupa, tapi hanya bertahan dalam hitungan hari.

0 komentar:

Posting Komentar