Cara Memperbaiki Pompa Air

Tips Untuk Memper Baiki Pompa Air

Pompa Air

Cara Memperbaiki Pompa Air.

Cara Merawat Pompa Air

Tips Trik dan Cara Memperbaiki Pompa Air

Statistik Pompa Air

Statistik Pompa Air Pompa Plus

Kumpulan Jenis Pompa Air

Type Merk dan Harga Pompa Air Masa Kini

Selasa, 29 Januari 2013

Panduan Memilih Pompa Air Yang Tahan Lama

http://pompa-plus.blogspot.com/
Banyaknya merk dan jenis pompa air rumah tangga yang beredar di pasar tentu bisa membuat anda binggung untuk menentukan plihan. Untuk dapat memilih pompa air yang tepat sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang penting anda memiliki informasi yang akurat sebelum membeli. Tanpa informasi tersebut bukan anda saja yang bingung, toko penjual pompa pun akan bingung memilihkan pompa yang tepat untuk anda.

Informasi yang paling penting untuk anda ketahui adalah jenis sumber air, apakah berasal dari sumur bor, sumur gali, penampungan air? Setelah itu anda perlu mengetahui berapa kedalaman permukaan air sumber air terutama pada saat musim kemarau. Kedalaman sumur tentunya berbeda dengan kedalaman permukaan air. Yang pasti kedalaman sumur harus lebih dalam dari kedalaman permukaan air. Kedalaman permukaan air adalah jarak dari permukaan air hingga ke pompa air secara vertical. Untuk mengetahui kedalaman permukaan air, biasanya anda tinggal bertanya kepada tukang bor-nya. Biasanya mereka memiliki pengalaman untuk mengetahui berapa kedalaman permukaan air di tempat anda. Bila sumber air yang akan anda gunakan adalah sumber air yang lama, anda dapat mengukur sendiri ketinggian air dengan memasukkan paku yang diikat dengan benang. Anda harus mengulur dan menarik tali tersebut, hingga pada ketinggian tertentu paku tersebut basah.

Berdasarkan kedalaman permukaan air kita bisa menentukan jenis pompa . Ada 3 kategori pompa air untuk rumah tangga dan masing-masing mempunyai 2 type yaitu; otomatis dan tidak otomatis.

    Pompa sumur dangkal, untuk kedalaman permukaan air 9m.
    Pompa air semi Jet, untuk kedalaman permukaan air 11m.
    Pompa sumur dalam/ jet pump, untuk kedalaman permukaan air 15m.

Pada sumur bor yang mengunakan pompa untuk 15m cassing sumurnya harus menggunakan pipa 4″ karena pipa yang masuk kedalam sumur terdiri 2 pipa (pipa pompa dan pipa hisap).

Pemilihan besarnya Watt pada pompa air sebaiknya menyesuaikan watt listrik dirumah anda. Besarnya watt dipompa air berarti semakin besar wattnya maka semakin besar volume air yang dihasilkan/dihisap bukan semakin besar wattnya = semakin dalam jangkauan hisapnya. Untuk lebih amannya watt yang tersedia 2x watt pompa air.

Pompa Air Yang Bagus Ditahun 2012

http://pompa-plus.blogspot.com/
Fakta dari performa terus berubah. Apa yang dianggap tidak mungkin sebelumnya kini menjadi standar industri dunia – terimakasih kepada Grundfos! Kami telah merubah fakta dari performa pada teknologi Pompa Grundfos multistage selama lebih dari 30 tahun. Mulai dari komponen terkecil hingga sistem booster yang terintegrasi, kami telah meningkatkan standar dari segi kehandalan, penghematan energi, kemudahan pengoperasian dan solusi sesuai kebutuhan – seluruhnya untuk kepentingan pelanggan. Kami terus berjuang untuk memastikan inovasi meningkatkan performa sistem pelanggan – dari hari ke hari. Lihatlah bagaimana kami melakukannya.

    Sistem > Dengan diluncurkannya teknologi Pompa Grundfos Hydro MPC (Multi Pump Control), kami telah meningkatkan standar fundamental pemasangan dan konsep pengoperasian yang mudah. Anda tidak perlu lagi membaca buku petunjuk, hanya dengan menekan beberapa tombol sistem anda sudah dapat mengoperasikan.
    Pompa >Dengan lebih dari satu juta kemungkinan konfigurasi, kami telah mampu merubah konsep “ customised solution “ atau solusi sesuai dengan kebutuhan. Seberapa rumit pun aplikasi anda, Grundfos selalu dapat memberikan solusi untuk menandinginnya.
    Komponen > Desain yang unik dari shaft-seal Grundfos Pump CR adalah salah satu dari banyak cara dimana kami secara dramatis dapat meningkatkan kehandalan dan mempermudah perawatan. Lupakan downtime berjam-jam, karena sekarang kami hanya butuh beberapa menit saja.

__________________________________________________________________________________________

PT.Andalan Inti Rekatama atau lebih dikenal dengan nama PT.AIR , merupakan  Authorized Dealer  dan Service Partner resmi di Jakarta untuk pompa air GRUNDFOS segmen Industri dari PT. Grundfos Pompa.

Dalam rentang waktu yang panjang , kami telah membagi pengalaman dan kesuksesan dengan banyak pelanggan di berbagai pelosok tanah air , baik pelanggan rumah tangga maupun pelanggan kalangan berbagai macam  industri .

PT.AIR  didukung oleh  staff  yang bekerja dalam satu tim  :

Staff Penjualan  kami terlatih secara professional sesuai standar global Grundfos, serta mengikuti kebutuhan lokal. Staff  Administrasi & Pengiriman kami akan memastikan pelayanan kepada konsumen  secara tepat dan akurat untuk mengoptimalkan kenyamanan konsumen. Seluruh prosedur akan terdokumentasikan dengan baik untuk kebutuhan verifikasi dan kemudahan akses.  Staff Teknisi Service PT.AIR yang professional , menguasai dan memiliki kecintaan untuk mengerti dan peduli dengan permasalahan konsumen , akan memberikan layanan purna jual  untuk memastikan pemecahan masalah dengan baik dan menyediakan solusi yang diharapkan pelanggan.

Mereka akan selalu mudah untuk dihubungi, cepat tanggap, bertanggung jawab dan memiliki komitmen untuk membantu konsumen.

Pompa Air Raksasa Yang Didatangkan Keistana

http://pompa-plus.blogspot.com/
 Sebanyak empat mesin pompa air disiagakan di halaman Istana Kepresidenan RI Jakarta, Kamis (17/1/2013), siang ini.

Keempat mesin pompa air buatan Jepang itu didatangkan oleh Balai  Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk mengantisipasi banjir melanda Istana.

Pagi tadi halaman Istana sudah tergenang banjir sekitar 30 cm dan dipantau langsung oleh Presiden SBY.

"Disuruh stand by mesinnya, Pak," kata seorang petugas.

Mesin pompa air ini disiaplkan untuk menyedot air jika sewaktu-waktu menggenangi istana. (Aco)

sumber : Tribunnews.com

Pompa Air Yang Bagus

http://pompa-plus.blogspot.com/
Mencari pompa air terbaik ? atau anda membutuhkan pompa air untuk di rumah , kolam , kantor , temapt usaha , ladang atau kebun anda ? anda tidak perlu bingung untuk ketika mencoba untuk memilih pompa air yang terbaik .anda hanya perlu tahu apa yang anda butuhkan dan memiliki beberapa saran yang baik dari tempat dan orang  yang tepat .

Ada beberapa pilhan mengenai sumber tenaga pompa air , seperti pompa air tenaga listrik , pompa air yang baru tenaga surya , pompa air otomatis dan lain sebagainya . anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing .merknya pun berbagai macam sesuai permintaan anda .

Pompa air juga dapat bermanfaat bagi kita ,seperti contohnya pompa air untuk kolam dan taman air . anda mungkin bisa juga menciptakan habitat baru yang bagus untuk ikan atau mandi untuk burung . dan salah satunya yang penting adalah memberikan gerak air supaya nyamuk dan hama lainya tidak mendapat perlindungan yang berpotensi membawa virus-virus nantinya . berdiri air adalah cara terbaik untuk menarik hama ini daripada harus memukul mereka sepanjang waktu .  untuk ini anda bisa berinvestasi untuk pompa air kolam atau pompa air taman .

Untuk investasi tersebut Anda perlu  pompa air yang mampu mengubah air anda minimal sekali dalam per jam .apakah ini berarti jika anda memiliki kolam 210 galon kecil , pompa air anda harus mampu memompa 210 galon per jam . jika anda memiliki factor tambahan seperti filter , air terjun , atau air mengalir ke kolam , anda akan membutuhkan kapasitas yang lebih besar . ada sedikit perbedaan jika anda memutuskan memilih pompa air submersible eksternal . ada beberapa keuntungannya pompa air eksternal tidak perlu sering diganti terutaman jika dirawat dengan baik . jika rusak tidak akan membahayakan apapun yang hidup di kolam . kelemahannya adalah pompa tersebut terlihat dan menghasilkan kebisingan . pompa tersebut juga lebih mahal dari pompa submersible . pompa submersible yang tersembunyi dalam air tak bersuara , dan dapat digunakan untuk mengura kolam anda , tetapi karena segel mereka selalu terkena air maka mungkin terjadi untuk melepaskan gas yang dapat membahayakan kehidupan kolam anda .

Salah satu factor pompa air terbaik sistemnya harus otomatis . akhir-akhir ini pengadaan rumah tumbuh dan berkembang sesuai dengan pertumbuhan penduduk namun masih ada banyak terjadi perumahan –perumahan yang baru berdiri , salah satu kebutuhan pokok yang blum terpenuhi oleh pengembang perumahan yakni kebutuhan air bersih dan pdam .salah satu solusi masala diatas tadi adalah digantinya pengadaan air bersih dan pdam dengan sumur bor di setiap rumah baru yang baru berdiri .maka dari itu disetiap penghuni rumah membutuhkan pompa air , memang tidak efisien tapi begitulah kenyataannya .



salah satu toko pompa air yang menjual pompa air dan suku cadangnya lengkap adalah bj supermarket bangunan yogya . ada baiknya anda bisa konsultasi pompa air dulu  masala anda dengan marketing sales kami sebelum membeli . kami menjual pompa air dengan merk bervarian seperti pompa air wasser , pompa air sanyo , pompa air dab , shimizu pompa air dan lain sebagainya

Minggu, 27 Januari 2013

Tips Memilih Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/
Bagi Anda yang kurang memahami mengenai memilih pompa air yang tepat untuk rumah Anda, tenang. Ada datang ke artikel yang tepat. Perhatikan beberapa hal singkat kami ini dan pertimbangkan pilihan Anda selanjutnya. Tidak ada yang sulit dalam memilih pompa air untuk kebutuhan Anda, bahkan jauh lebih sulit untuk memilih jodoh Anda.
Apa yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Jika Anda telah menggunakan pompa sebelumnya tentu jauh lebih mudah untuk menentukan pompa yang tepat. Cukup lihat spesifikasi yang ada pada pompa Anda dan beli yang sejenis jika telah tidak darpat berfungsi, atau tambahkan daya jika ternyata kebutuhan yang diperlukan lebih tinggi dari daya pompa Anda sebelumnya. Lantas bagaimana jika Anda baru memulai menggunakan pompa dan baru akan melakukan pengeboran sumur pompa? Perhatikan pertama kali adalah kedalaman sumur pompa. Cara paling mudah untuk menentukan kedalaman pompa adalah bertanya kepada kiri kanan Anda. Seberapa dalam kedalaman pengeboran sekitar Anda. Ini cara mudah mengetahui muka air tanah dilokasi Anda. Setelah mendapatkan perkiraan silahkan lakukan pengeboran dan buktikan kedalaman muka air tanah tempat Anda. Konsultasikan dengan pihak pengeboran Anda.
Perhatian kedua memilih pompa paling awal adalah jenis pompa yang dibutuhkan. Apakah sumur dangkal untuk muka air dibawah 9 meter, atau lebih dari itu dengan jenis pompa sumur dalam. Biasa dengan menggunakan sistem jet. Pompa jet pump normal bisa untuk kedalaman hingga maksimal 50 meter, dan hampir semua merek mempunyai tipe jet pump seperti ini.
Perhatian ketiga adalah anggaran Anda. Ini adalah perhatian yang menurut kami utama pula, sesuaikan dengan kantong Anda walaupun dengan anggaran tipis Anda sedikit banyak mengorbankan kualitas produk. Pada dasarnya produk pompa air yang beredar dipasaran terbagi dalam beberapa segmentasi pasar? tentukan yang mana segment Anda untuk kemudian menentukan merek yang akan digunakan.
Pembagian paling sederhana adalah merek non China seperti Grundfos (Denmark), Pedrollo (Italy), jet pump Sanyo dan Hitachi (Japan) adalah merek papan atas. Harga sebanding dengan kualitas yang dihasilkan. Tentunya dengan keawetan produk yang mencapai 10 tahun bahkan lebih umur pemakai normal. Merek medium hingga low-end dapat ditemui untuk berbagai merek Korea atau China. Banyak sekali merek yang beredar dipasar dengan kualitas plus minus. Indoteknik memiliki seperti, Wasser, Shimizu, Multipro, Marquis, NLG, DAB dan banyak lainnya.
Demikian kiranya tips memilih pompa paling sederhana. Kesempatan lain akan kami tampilkan secara teknis untuk semakin mempermudah Anda memilihnya.

Tips Memilih Pompa Air Di Lingkungan

http://pompa-plus.blogspot.com/
 Pompa air merupakan peralatan rumah sudah menjadi kebutuhan utama di rumah tangga saat ini.
Adanya pompa air membuat kegiatan rumah tangga seperti mencuci, mandi atau menyiram tanaman menjadi lebih mudah.

Memilih pompa air sebenarnya tidak terlalu sulit, Hal yang perlu diinggat adalah jangan gampang tergoda dengan penawaran produk bagus atau harga murah, tapi perhatikan spesifikasi pompa tersebut dengan teliti.



Tips Memilih Pompa Air

1. Ketahui sumber air terlebih dahulu

Maksudnya air yang akan di alirkan apakah dari sumur gali, sumur bor,  penampungan air atau sumber lainya.

2.Berapa tinggi permukaan air dengan pompa

Tinggi permukaan air adalah jarak antara pompa dengan permukaan air. Jarak tersebut dapat Anda tanyakan ke tukang sumur, biasanya mereka sudah berpengalaman atau kalau sumur gali dapat dilakukan dengan mengantungkan paku pada seutas tali sampai ke permukaan air dan ukur berapa panjangnya.
Perkirakan juga pada musim kemarau dan musim hujan. Pada musim kemarau air akan susut jarak pompa menjauh. Kalau musim hujan permukaan air naik, hati-hati penempatan pompa jangan sampai kerendam air.
Hal tersebut diatas sebaiknya ketahui dulu sebelum Anda ke toko pompa.

3. Spesifikasi daya hisap dan daya dorong Pompa

Bandingkan antara tinggi permukaan air dengan daya hisap pompa. Pilih pompa yang daya hisapnya lebih tinggi dari jarak permukaan air. Karena daya hisap yang dicantumkan pabrik adalah daya hisap maximal. Sebagai contoh kalau permukaan air kurang dari 7 meter, gunakan pompa dengan daya hisap 9 meter yaitu pompa sumur dangkal. Begitu juga seterusnya pada jarak permukaan air yang lebih tinggi.
Untuk daya dorong, kalau jaraknya pendek sekitar rumah biasanya sudah cukup, tapi kalau jaraknya panjang diperhitungkan tersendiri. Standard tersebut umumnya sama pada semua merek.

4. Daya listrik.


Tentunya daya listrik disesuikan dengan listrik terpasang dirumah anda. Pada umumnya start awal on menyalakan pompa  memerlukan daya listrik dua kali lebih besar dari daya listrik normal. Hal lain adalah daya listrik pompa yang lebih tinggi tidak mempengaruhi daya hisap pompa tersebut. sebagi contoh pompa dengan daya hisap 7 meter dengan listrik 125 watt tidak lebih baik dari pompa dengan listrik 200 watt daya hisap yang sama. Jadi pilihlah yang listrik lebih hemat.

5. Kualitas dan Harga

Kualitas pompa air banyak ditentukan oleh bahan yang digunakan. Pilih bahan yang tahan karat agar tahan lama seperti stainless steel dll.
Bahan yang berkualias mempengaruhi harga pompa tersebut. Ini tergantung budget yang Anda punya. Pompa air ada yang harga rendah seperti merek Airlux, Pompe dll. Yang sedang DAB, Panasonic, Shimizu dll. Yang tinggi Sanyo, Grundfos, Hitachi dll.
Sekarang tergantung Anda dan biasanya harga juga menentukan kualitas.

6. Garansi


Perhatikan garansi, kerena barang yang mempunyai garansi berarti pabrikan bertanggung jawab dan menunjukan juga kualitas barang tersebut baik.

Di Afrika Pompa Air Yang Bisa Mengirimkan Sms

http://pompa-plus.blogspot.com/
Kita tentu tahu jika di Afrika sana air merupakan barang yang sangat berharga dan langka. Tidak heran jika di sana orang akan rela berjalan hingga berkilo-kilo hanya untuk menemukan air. Tidak cukup sampai disitu, untuk mendapatkan air tersebut pun mereka masih harus bekerja keras lagi seperti menggunakan pompa air manual karena tidak memungkinkan jika menggunakan tenaga listrik.

Nah, bisa anda lihat sendiri pada gambar di atas bentuk pompa air yang ada di Afrika sana. Mirip sekali bukan dengan pompa air manual yang dulu pernah kita gunakan??? Namun, meskipun bentuknya sama jeleknya dengan pompa air manual yang ada di sini
dahulu, ternyata pompa air manual di Afrika ini memiliki fitur lain yang cukup mengagumkan loh.

Fitur tersebut adalah, kemampuan pompa ini untuk mengirimkan sms kepada tukang ledeng terkait ketika pompa ini mengalami kerusakan karena pompa air manual ini dilengkapi dengan teknologi GSM. Hal ini dilakukan karena menurut pengalaman yang pernah terjadi di sana, ketika pompa air rusak terkadang hingga berbulan-bulan tidak ada yang melaporkan kerusakan tersebut. So, dengan dipasangkannya teknologi GSM pada pompa ini jika terjadi kerusakan diharapkan tukang ledeng akan segera datang untuk memperbaikinya.

Pompa air manual dengan teknologi GSM ini dikembangkan oleh tim dari Oxford University dan saat ini sudah ada sekitar 70 unit yang sudah terpasang di beberapa daerah di Kenya, Afrika. Dengan adanya GSM di dalam pompa ini, diharapkan keadaan pompa akan selalu terpantau dan air akan selalu tersedia untuk mereka.

Pompa Air Grundfos Submersible

http://pompa-plus.blogspot.com/
Sebuah kombinasi energi dan efisiensi
Jika pompa submersible SP dikombinasikan dengan motor MS/MMS dan kontrol proteksi motor MP 204 untuk membentuk sistem SP, anda akan mendapatkn solusi pengadaan air yang kompetitif dan handal.

Terjual tiga juta unit
Sejak diperkenalkan pada tahun 1967, lebih dari tiga juta unit SP telah terjual - testamen yang solid untuk kehandalan dan kekuatan. SP memiliki kapasitas hingga 470m kubik/jam dan tekanan hingga 810m.

Konstruksi yang kuat
Pompa Grundfos  SP dibuat seluruhnya dari stainless steel AISI 304 yang anti karat dan juga tersedia dalam tingkat stainless steel yang lebih tinggi untuk cairan yang lebih agresif. shaft seal mekanis dari silicon carbide memastikan kehandalan pengendalian pasir dan bearing dengan bentuk oktagonal dan sand flush channels meneruskan partikel pasir dari air yang dipompa

Motor MS/MMS - penyempurnaan efisiensi
Motor stainless steel dengan pendingin cairan di dalamnya cocok untuk memenuhi efisiensi terbaik pompa SP. memastikannya bekerja dalam efisiensi optimumnya. motor MS (canned) tersedia hingga 30 kW dan motor MMS (rewindable) tersedia hingga 250kW.

MP204 - Proteksi motor optimal
Alat ini meproteksi motor anda dari undervoltage, overvoltage dan ketidakstabilan dari daya listrik

Pompa Air Dari Denmark Grundfos

http://pompa-plus.blogspot.com/Tidak diragukan lagi, Grundfos adalah salah satu produsen raksasa pompa air kelas dunia yang bermarkas besar di Bjerringbro – Denmark. Beragam tipe untuk berbagai macam aplikasi yang menjadi andalan pompa air Grundfos. Untuk aplikasi Industri , Waste Water, Water Supply,  Sanitary – Food & Beverage dan Farmasi dan masih banyak lagi ragamnya termasuk pompa untuk rumah tangga yang disebut Domestic Pumps.








Pada saat ini pemakaian pompa air rumah tangga atau domestik dari merek Grundfos sudah sangat menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, baik melalui tipe JD dan JP Basic untuk Jetpump dan semijet juga tipe CH yang handal dan halus sekali suaranya. Pompa Celup dengan tipe KP Basic maupun  pompa mini booster UPA dan UPS yang handal. Namun masih banyak pengguna pompa air Grundfos tidak tahu asal negara pembuatnya, yaitu Denmark – Eropa.

Jumat, 25 Januari 2013

Pompa Air Shimizu- PS-130 BIT

http://pompa-plus.blogspot.com/
Sumur Dangkal
Inovasi terbaru SHIMIZU menghadirkan keistimewaan pompa air keluarga dengan type sumur dangkal yang memiliki kemampuan daya hisap hingga 11m. Total head hingga 40m dan hemat listrik, sangat cocok untuk rumah Anda yang bertingkat dua.


10 Kelebihan yang dimiliki Pompa Air SHIMIZU :

1. 24 Jam Non-Stop : Dapat digunakan terus menerus selama 24 jam sehari, seperti kolam
2. Suara Halus : Dibuat dengan teknologi khusus, spareparts berkualitas tinggi dikerjakan oleh tenaga handal sehingga menghasilkan performa pompa yang baik dengan suaranya yang halus
3. Tenaga Motor Besar : Motor didesain khusus dengan tenaga yang besar, sehingga menghasilkan daya hisap dan dorong yang kuat
4. Suku Cadang Terjamin : Memberikan kemudahan karena suku cadang terjamin di seluruh Indonesia
5. Circuit Breaker : Dilengkapi ‘Circuit Breaker’ pemutus arus otomatis bila terjadi kelebihan beban atau panas sehingga mencegah terbakarnya motor
6. Impeller : Alur air, ‘Impeller’ dan ‘Impeller Cover’ menggunakan bahan kuningan, lebih kuat dan tahan lama
7. Small Tank : Orisinil Desain dengan karet membran berbahan khusus didalamnya, membuat kinerja ‘Saklar Otomatis’ lebih stabil sehingga usianya lebih tahan lama
8. Saklar Otomatis : Terbuat dari bahan-bahan khusus berkualitas tinggi, mempunyai usia pakai yang lebih panjang
9. Anti Karat : Bagian dalam tangki dilapisi dengan bahan cat khusus ‘Powder Paint’ yang tahan terhadap goresan dan karat
10. Seal Lebih Besar : Mechanical Seal yang terbuat dari bahan karbon dan keramik yang berkualitas tinggi sehingga tahan terhadap gesekan dan panas

Spesifikasi :

* Daya Motor : 125 Watt
* Tegangan : 220 Volt, 50 Hz
* Daya Hisap : 9 m
* Kapasitas Liter / menit : 35
* Total head : 40 m
* Pipa Inch : 1
* Daya Dorong : 24 Meter

Pompa Air Jet Pump Wasser PC-260 BIT




http://pompa-plus.blogspot.com/



  • Suction Head : 30 m 
  • Discharge Head : 30 
  • Total Head : 60 
  • Maximum Flow Rate    : 75 ltr/min 
  • Motor Output   : 250 Watt 
  • Voltage/Hz/Phase         : 220 V/50 Hz/1
  • Automatic         : Yes
  • Pipe Size          : 1.25" x 1"
  • Product Guarantee        : 3 Years Motor Guarantee

Jenis Dan Macam Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/
Pompa diklasifikasikan menjadi 2 yaitu :

    Dinamik, terbagi menjadi 3 yaitu :

    Sentrifugal

    Aksial / propeller

    Pengaruh khusus, terbagi menjadi 4 yaitu (jet / eductor, gas lift, hidraulic ram, electromagnetic)

      2.  Perpindahan Positif (Positive Displacement), terbagi menjadi 2 yaitu :

    Rotary, terbagi menjadi 4 yaitu : (gear dalam, gear luar, screw, vane pump)
    Piston (Reciprocating)

"Pumps are clasified into 2 are :

    Dynamic Pump, divided into 3 are :

    Centrifugal Pump
    Axial / Propeller
    Special Effect, divided into 4 are ( jet / eductor, gas lift, hidraulic ram, electromagnetic)

     2.  Positive Displacement, divided into 2 are :

    Rotary Pump, divided into 4 are :(inner gear, outer gear, screw, vane pump)
    Reciprocating Pump"

Akan saya jabarkan secara sedehana sebagai berikut :

    Dinamik, prinsip kerja mengubah kecepatan fluida tinggi menjadi tekanan sehingga terjadi dorongan aliran

Klasifikasinya :

  •     Efisiensi rendah dibanding tipe positive displacement
  •     Kecepatan dan debit fluida tinggi
  •     Biaya instalasi dan perawatan murah

Grundfos CME Booster Fully Automatic

http://pompa-plus.blogspot.com/
A long awaited breakthrough, the Grundfos CME Booster range of fully automatic variable speed drive (true constant pressure) pumps suitable for use on domestic pump systems, schools, commercial applications and nearly anywhere that varying duties are encountered.   The CME is supplied with the pressure set at 300 kPa but this can be easily adjusted on site by simply pushing a couple of buttons.   Suitable for suction lifts to 1m when fitted with a good quality foot valve.   1" female BSP inlet and outlet, 2L pressure tank, Grundfos pressure transducer and Grundfos integrated speed controller makes this just the best "true constant pressure" VFD pump on the market.   We supply this pump with the bonus fittings and polyslab pump cover as shown on the images.   Click on the information button to the right for more images and technical specs.   The CME5-3 will provide a constant 300 kPa for flows from 1 - 104 litres per minute, or, a constant 350 kPa for flows between 0 and 83 L/min.

Kamis, 24 Januari 2013

Pompa Air Panasonic GP-200JXK

http://pompa-plus.blogspot.com/
GP-200JXK

Daya Listrik    :    200 Watt
Self-Priming    :    Ya
Otomatis    :    Tidak
Daya Hisap    :    9 meter
Daya Dorong    :    21 meter
Kapasitas    :    45 liter/menit
Total Head    :    30 meter
Fitur Lain    :    Thermal Protector
Garansi    :    1 Tahun

Fix Impeller
Sistem Impeller Fix
Sistem pengencangan dengan kepresisian yang tinggi dan Keakuratan pada posisi yang tepat untuk performance yang lebih optimal dan tidak berisik.
Motor Powerful with Double Protection & Thermal Protector
Komponen Motor Berkualitas, Bandel & Anti Bakar
Memiliki Rotor bandel anti karat dengan akurasi hingga 30 mikron mampu bekerja sampai 8,000 jam.Double Protection membuat Stator lebih awet dan tahan dari lecet akibat hubungan arus pendek / korsletting. Thermal Protector berfungsi mematikan Pompa secara langsung apabila suhu menjadi panas lebih dari 130oC.
Brass Casing Cover
Brass Casing Cover untuk performa Pompa lebih baik
Material kuningan dengan desain yang lebih mantap yang tahan terhadap gesekan dan temperatur yang tinggi dengan ukuran yang presisi dan permukaan yang halus sehingga dapat menghasilkan semburan air yang lebih lancar dan cepat.
New Pump Casing
Pump Casing Lebih Elegan
Dengan desain baru yang lebih elegan dengan smooth curve serta kepresisian dalam proses machining mampu meningkatkan performa menjadi lebih baik.

Macam-Macam Kapasitor

http://pompa-plus.blogspot.com/
menggunakan kapasitor      4Mf  600V
Pompa air Shimizu menggunakan kapasitor                         8 Mf  330V
Pompa air  Golstar menggunakan kapasitor                        14Mf 250V
Pompa air GRUNFOS menggunakan kapasitor                  8Mf 400V
Pompa air Sanyo menggunakan kapasitor                          12Mf 230V/250V
Pompa air  Hitaci menggunakan kapasitor                          12Mf 250 V


Untuk pompa air Jet pam Rata ratanya menggunakan 14Mf-30Mf 250/350V/450V
Tetapi kalau Jet pam National menggunakan 7Mf 450V/600V
Dan kapasitor kapasitor tersebut semuanya bisa dikecilkan atau bisa dibesarkan  misalkan yang 30Mf menjadi 7Mf dan yang 4Mf menjadi 20Mf, Dengan cara mengurangi jumlah lilitan atau menambah lilitan,dengan cacatan semakin kecil nilai kapasitor semakan banyak jumlahnya lilitan dan semakil kecil ukuran emailnya dan sebaliknya

Macam-Macam Impeller Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/
http://pompa-plus.blogspot.com/
http://pompa-plus.blogspot.com/

Cara Memancing Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/
Sebelum pompa beroperasi, mata impeller haruslah dibenamkan dan pipa hisap harus diisi dengan fluida yang akan dipompakan. Pompa janganlah sekali-kali dioperasikan tanpa berisi fluida (dalam keaadaan kering) karena cincin penahan aus akan tergesek dan bisa-bisa dapat menjadi macet; juga, paking haruslah dilumasi oleh cairan yang lewat melalui paking ini. Bila udara dibiarkan bocor (memasuki) sisi hisap atau kedalam pompa, pompa itu bisa-bisa berisi udara dan kehilangan daya pemancingannya, dengan kata lain pemompaan akan berhenti. Oleh sebab itu adalah perlu untuk menghentikan operasi pompa ini dan kemudian dioperasikan kembali sesudah dilakukan pemancingan.
Bila impeller dibenamkan dibawah tinggi pompa air, pekerjaan satu-satunya adalah membuka keran pembuang udara yang ada pada rumah keong yang maksudnya adalah untuk mengeluarkan udara yang terkurung didalam pompa tersebut. Pada kebanyakan instalasi pompa ini tidaklah sampai terbenam (berada) dibawah tinggi muka air, oleh sebab itu haruslah diusahakan untuk mendapatkan pemancingan yang cukup.
Ada tiga sistim pemancingan pompa yaitu:
- Dengan memasukkan air kedalam pompa hisap hingga impeller terisi air.
- Dengan mengeluarkan udara dari dalam pipa hisap dan dari dalam pompa sehingga air dipaksa naik kedalam pompa oleh tekanan udara luar pada permukaan cairan yang akan dipompakan.
- Dengan mendesain pompa itu sendiri bersifat dapat memancing diri sendiri dengan kata lain mata impeller dan pipa hisap tetap terisi oleh cairan atau memberikan alat-alat yang dapat meneluarkan udara yng disertakan dalam pendisainan.
Air dapat dimasukkan kedalam pompa dan pipa hisap dari reservoir, suplai air yang tersedia atau sumber-sumber air lainya. Keran pambuang udara yang ada pada rumah keong haruslah dalam keadaan terbuka sewaktu air dimasukkan agar pompa terisi penuh oleh air. Bila pipa buang masih tetap terisi oleh air sesudah pompa dihentikan, pipa langkah (by-pass) yang melangkaukan katup gerbang dapat dipakai untuk tujuan pemancingan ini. Untuk dapat mempertahankan air untuk mengisi pipa hisap dan pompa sebuah katup searah atau katup kaki dapat dipasang pada bagian bawah pipa hisap ini. Katup-katup kaki ini daibuat ukurannya besar untuk membuat kecepatan aliran melalui katup ini rendah (kira-kira 2 ft/detik) dan memasang saringan atau tapisan didepanya agar dapat menyaring kotoran-kotoran yang cenderung untuk menyumbat katup ini, katup-katup kaki ini biasanya dilapisai dengan kulit atau karet, untuk katup yang berukuran kecil (¾ inci - 6 inci diameternya) katup ini biasanya mempunyai cutting (flap) tunggal, untuk yang berukuran sedang (diameternya 7 inci - 16 inci ) mempunyai cuping ganda. Untuk yang berukuran besar adalah cuping jenis cakra dengan masing-masing pegas dibelakang.
Dengan metode yang kedua katup buang pompa ditutup dan udara dikeluarkan dari bagian tertinggi rumah pompa sehingga air akan dipaksa naik kedalam impeller pompa. Suatu ejector dapat dipakai atau pompa vakum basah dapat dipakai.

Cara Memperbaiki Pompa Air Panasonic 125

http://pompa-plus.blogspot.com/

                                                                  PANASONIC 125

Pada zaman seperti saat ini sudah merupakan kebutuhan bagi mayoritas penduduk yang umumnya bertempat tingal di kota, berdasarkan perioritas pemakaian. Telah hampir 84% penduduk indonesia menggunakan sanya/pompa air.
Pada pertemuan kita saat ini, saya akan membahas bagaimana cara agar sanyo kita dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Saya akan mengambil contoh sebuah pompa otomatis national/panasonic 125.
dalam memperbaiki pompa air, hal utama yang harus kita perhatikan adalah, perputaran kumparan spool/dinamo. Sebuah perputaran normal, akan berputar searah dengan jarum jam dan memiliki rotasi yang besar. Perhatikan juga kondisi arus listrik, apa bila sedang terjadi arus pendek, maka disarankan untuk mereverasi pompa anda lain hari.
Selanjutnya untuk membuka mesin, silahkan buka diawali dari cover fan, bagian muka pompa. Setelah cover fan terbuka, tarik impeller/kipas penghisap, lalu bersihkan seluruh permukaan impeller dengan merata. Lalu, buka spit/snap ring yang mengait mechanical seal, lalu buka seal secara perlahan tanpa merusak permukaan yang bermika di sisi depan mechanical seal.
Selanjutnya adalah, buka 3 baut penyangga bodi tabung pompa, lalu bersihkan seluruh bagian dalam pompa. Lalu, untuk lahar, dan kumparan, silahkan buka cover block di bagian muka dari kumparan. Dan bersihkan.
nb :

    kumparan/gulungan dinamo mesin, jangan sampai terkena air. Karena dapat menyebabkan arus pendek dan merusak kumparan.


Setelah selesai membuka, dan membersihkan seluruh bagian dari mesin, kita akan merakit/memasang kembali pompa yg telah kita bersihkan, untuk dipakai kembali.

Tips Dasar Merawat Pompa Air

Menurut hukum fisika bahwa
http://pompa-plus.blogspot.com/
Semakin dalam air maka semakin besar tekanan yang ada didalam air
Oleh karena itu, biasanya pompa air yang harus menyedot air di Sumur yang penuh karena baru saja kehujanan biasanya mengalami kesulitan untuk melakukan kinerja yang seharusnya.
Berdasarkan pengalaman yang saya alami di rumah. Berikut adalah Cara mengatasi Pompa air yang ngadat :
  • Buka tabung atas penampung air pada Pompa air
  • Isi dengan air sampai penuh
  • Tutup kembali tabungnya
  • Nyalakan pompa kembali
NB :
  • Ini berlaku bagi pompa air yang menyala namun air tidak tersedot
  • Bisa juga digunakan untuk kran air yang penuh sedimen tanah(misal : Endapan lumpur) agar penghalang yang ada di selang/ pipanya bisa keluar dan tidak menghambat turbin

Cara Mengatasi Pompa Air Yang Ngadat

http://pompa-plus.blogspot.com/
Berdasarkan pengalaman yang saya alami di rumah. Berikut adalah Cara mengatasi Pompa air yang ngadat :

1. Buka tabung atas penampung air pada Pompa air
2. Isi dengan air sampai penuh
3. Tutup kembali tabungnya
4. Nyalakan pompa kembali

NB :

1. Ini berlaku bagi pompa air yang menyala namun air tidak tersedot
2. Bisa juga digunakan untuk kran air yang penuh sedimen tanah(misal : Endapan lumpur) agar penghalang yang ada di selang/ pipanya bisa keluar dan tidak menghambat turbin

kemungkinan
1. kedalaman permukaan air dalam sumur lebih dari 9 meter
2. mengatasi kejadian 1 pompa sanyo harus dua pipa sebagai inputnya
3.periksa pipa inputnya apakah ada kebocoran
4. jika kejadian 1 dan 2,dan 3 terpenuhi pasti pompanya ada masalah
cara mengatasinya
1.pompa dibongkar bagian propelarnya , mungkin ada kotoran dibersihkan jika rusak ganti propelarnya
2.kalau ada biaya bawa ke tukang servis pompa
mungkin tuk sementara ini dulu yang bisa aku berikan info lebih lnjut bisa kiri pertanyaan, kritik dan saran ke email saya

Selasa, 22 Januari 2013

Daftar Harga Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/

Merk & Type     Price (IDR)
DAB Indonesia Aqua 125A
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
250.000
DAB Indonesia Ascell 1
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
290.000
Ebara JESXM 5
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
1.930.000
Grundfos JP Basic 2
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
1.950.000
Grundfos JP Basic 3
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
2.030.000
Grundfos JP Basic 4
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
2.280.000
Grundfos JP Basic 5
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
4.000.000
Grundfos JDF 18
Spec: Pompa Jet Pump, watt kecil    
2.000.000
Grundfos JD Basic 3
Spec: Pompa Jet Pump, 250 watt    
2.400.000
Grundfos JD Basic 4
Spec: Pompa Jet Pump, 375 watt    
2.500.000
Grundfos JD Basic 5
Spec: Pompa Jet Pump, 500 watt    
3.780.000
Grundfos CHJ4-40
Spec: Pompa Jet Pump, Stainless    
3.550.000
Grundfos CHJ4-60
Spec: Pompa Jet Pump, Stainless    
4.900.000
Hitachi WT-P100GP
Spec: Pompa Sumur Dangkal, Tertutup    
2.000.000
Hitachi WT-P250GP
Spec: Pompa Sumur Dangkal, Tertutup    
2.400.000
Hitachi DT-P300GP
Spec: Pompa Jet Pump, Model Tutup    
3.700.000
Hitachi DT-PS300GX-PJ
Spec: Pompa Jet Pump, Model Tutup    
4.500.000
Lakoni SP-127
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
330.000
Lakoni SP-129a
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
370.000
Lakoni SP-130A
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
450.000
Lakoni SWP-100
Spec: Pompa Semi Jet 100 watt    
450.000
Lakoni SWP-250A
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
1.000.000
Lakoni DWP-255A
Spec: Pompa Jet Pump, 250 watt    
1.130.000
Lakoni DWP-375A
Spec: Pompa Jet Pump, 375 watt    
1.250.000
Lakoni DWP-505A
Spec: Pompa Jet Pump, 500 watt    
1.900.000
Multipro Jet 100A-MP
Spec: Pompa Semi Jet 100 watt    
450.000
Multipro Jet 100A-MPS
Spec: Pompa Semi Jet 100 watt    
800.000
Multipro Jet 250A-MP
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
650.000
Multipro Jet 250A-MPS
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
950.000
Multipro DP 255A-MP
Spec: Pompa Jet Pump, 250 watt    
1.030.000
Multipro DP370A-MP
Spec: Pompa Jet Pump, 375 watt    
1.150.000
Multipro DP 505A-MP
Spec: Pompa Jet Pump, 500 watt    
1.770.000
Panasonic GA-110JBE
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
500.000
Panasonic GA130-JAK
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
480.000
Panasonic GP129-JXK
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
350.000
Panasonic GP-200JXK
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 200 watt    
580.000
Panasonic GA-200JBX
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 200 watt    
680.000
Panasonic GA-125JBCN
Spec: Pompa Sumur Dangkal, Tertutup    
680.000
Panasonic GF-205HCX
Spec: Pompa Jet Pump, Model Tutup    
2.250.000
Pedrollo JCRm1A
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
2.010.000
Pedrollo CRm80
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
2.060.000
Pedrollo Multi stage 4 CRm80
Spec: Pompa Semi Jet, > 100 watt    
2.400.000
Pedrollo JDWm1CX
Spec: Pompa Jet Pump, 250 watt    
2.230.000
Pedrollo JDWm1AX
Spec: Pompa Jet Pump, 375 watt    
2.300.000
Sanyo PH 137A
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
480.000
Sanyo PWH 137
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
350.000
Sanyo PWH236
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 200 watt    
540.000
Sanyo PH236a
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 200 watt    
660.000
Sanyo PH100
Spec: Pompa Sumur Dangkal, Tertutup    
880.000
Sanyo PH150
Spec: Pompa Sumur Dangkal, Tertutup    
1.080.000
Sanyo PDS-255 A
Spec: Pompa Jet Pump, 250 watt    
3.150.000
Sanyo PDH-400
Spec: Pompa Jet Pump, Model Tutup    
7.800.000
Shimizu PS 130 BIT
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
440.000
Shimizu PS 128 BIT
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
320.000
Shimizu PS 135 E
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
380.000
Shimizu PS-226 BIT
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 200 watt    
730.000
Shimizu PS-230 BIT
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 200 watt    
820.000
Shimizu PS-103 BIT
Spec: Pompa Sumur Dangkal, Tertutup    
690.000
Shimizu Jet-100 BIT
Spec: Pompa Semi Jet 100 watt    
580.000
Shimizu PC-260 BIT
Spec: Pompa Jet Pump, 250 watt    
1.400.000
Shimizu PC-375 BIT
Spec: Pompa Jet Pump, 375 watt    
1.550.000
Shimizu PC-502 BIT
Spec: Pompa Jet Pump, 500 watt    
2.550.000
Shimizu PC-250 BIT
Spec: Pompa Jet Pump, Model Tutup    
1.930.000
Wasser PW-131 E
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
300.000
Wasser PW-139EA
Spec: Pompa Sumur Dangkal, 125 watt    
380.000
Wasser PW-120 JET
Spec: Pompa Semi Jet 100 watt    
500.000
Wasser PC-255Ea
Spec: Pompa Jet Pump, 250 watt    
1.280.000
Wasser PC-380EA
Spec: Pompa Jet Pump, 375 watt    
1.380.000
Wasser PC-500EA
Spec: Pompa Jet Pump, 500 watt    
2.300.000




sumber : daftar-harga.net
         

Tips Memasang Pompa Air Yang Benar

http://pompa-plus.blogspot.com/
Agar mesin pompa air anda dapat bekerja dengan maksimal maka perlu kiranya anda mengikuti tips berikut, agar mesin pompa air dirumah anda dapat bekerja maksimal dan tidak cepat rusak.

    apabila tegangan listrik di kawasan kurang stabil, pergunakan stabilizer tegangan listrik untuk menghidupkan pompa.
    Tempatkan mesin pompa air sedekat mungkin dengan sumber air, dengan memperkecil jarak pipa hisap (suction) akan menambah daya semburan pipa dorong (discharge). Jika hal ini tidak memungkinkan karena pertimbangan ruangan, jarak maksimal pipa dari sumur pompa dibatasi sesuai tinggi hisapnya (suction lift).
    Penempatan pompa harus terlindung dari panas, hujan dan genangan air, dan memiliki sirkulasi udara yang cukup.
    Tempatkan mesin pompa air tersebut di tempat yang mudah untuk diperiksa jika ada masalah. Dudukan pompa harus kuat untuk mencegah kemiringan setelah beberapa tahun dipakai.
    Kurangi jumlah tikungan dalam sambungan pipa untuk mencegah kebocoran dalam instalasi pipa. Sekaligus meminimalkan hambatan tenaga.
    Pasang klem2 pipa dengan baik untuk mencegah tekanan berlebihan pada mesin.
    Pasang pipa dari pompa secara vertikal ke dalam sumur dengan jarak ujung pipa ke dasar sumur minimal 30 cm, dan ujung pipa terendam di dalam air.
    Pompa otomatis yang dipasang untuk menyalurkan air ke toran dengan sumber air dari sumur atau bak penampung di bawah, jarak vertikalnya tidak boleh lebih dari tekanan on pada pressure switch (alat pada tangki pompa yang secara otomatis mesin bila keran ditutup). Misalnya, pressure switch on/off = 1.1 ~ 1.8 kgf/cm2. Itu artinya pressure switch on adalah 1.1 kgf/cm2 atau setara dengan 11 meter. Jadi, jarak vertikal antara pompa dan toran tidak boleh lebih dari 11 meter.
    Tidak boleh ada kebocoran pada instalasi pipa, baik pipa hisap maupun pipa distribusi (dorong). Karena itu pemasangan, penyambungan, dan pengeleman pipa harus dilakukan secara seksama dan benar. Terutama untuk pipa hisap, akibatnya debit air bercampur udara, memancing terus setiap kali menghidupkan pompa atau bahkan air tidak mengalir sama sekali. Sedangkan untuk pipa dorong resiko paling jelek terjadinya kelembaban pada dinding/ruangan tetapi air tetap jalan.
    Pipa hisap harus dipasang horizontal/miring mendaki menuju ke pompa untuk mencegah udara terperangkap. Keadaan seperti ini akan mengurangi debit air yang keluar.
    Sebaiknya memasang kawat arde ke dalam tanah untuk menghindari kecelakaan akibat kejutan listrik.

Sumber : kaskus.us

Cara Pemasangan Pompa Air Di Gedung

Pompa air yang bagus akan menghasilkan sebuah kinerja yang baik, awet dan tidak mudah mengalami gangguan, selain itu juga harus benar dalam memasangnya sehingga dapat beroperasi dengan baik. Adapun cara pemasangan pompa air adalah sebagai berikut:
  Marking lokasi penempatan pompa. ini dilakukan jika pemasangan pompa berada pada lokasi bangunan yang sangat memperhatikan keakuratan ukuran misalnya gedung bertingkat tinggi sehingga letak pompa air sesuai dengan lokasi yang direncanakan dan tidak mengganggu ruangan lainya, untuk rumah tinggal cukup diletakan sepantasnya saja.
    Buat pondasi pompa, perhatikan kelurusan dan rata pondasi. agar pompa dapat awet tahan lama maka sebaiknya dibuatkan sebuah pondasi terbuat dari beton karena kebanyakan pompa air terbuat dari bahan besi yang mudah berkarat sehingga memerlukan tindakan pencegahan untuk memperlama umur pemakaian.
    Pasang instalasi pemipaan ruang pompa terlebih dahulu. pemasangan pompa dipasang setelah instalasi pendukung seperti pipa plumbing dan kabel listrik dipasang dengan benar.
    Pasang Pompa dan valve-valvenya. baca buku petunjuk pemasangan pompa air yang disertakan pada kemasan pembelian sehingga semua bagian dapat terpasang dengan benar karena beda merk pompa terkandang memberikan produk dengan bentuk dan ukuran yang berlainan.
    Sambung instalasi daya ke pompa.
    Atur pressure switch pompa.
    Lakukan running test pompa.
    Jika ada kesulitan dapat bekerjasama dengan tukang plumbing atau kontraktor mekanikal elektrikal.




http://pompa-plus.blogspot.com/













Pemasangan telah selesai dan dapat digunakan untuk mengalirkan air kedalam ruangan yang membutuhkan seperti kamar mandi, tempat cuci, dan lainya. pemasangan pipa plumbing yang tertanam kedalam lantai keramik sebaiknya menggunakan pipa tebal yang berkualitas baik karena kerusakan dikemudian hari dapat merepotkan dalam perbaikan seperti harus melakukan pekerjaan bongkar pasang keramik lantai selain itu juga menciptakan biaya tembahan yang tidak sedikit :-) . membuat terkadang lebih mudah dari merawat hal ini bisa diterapkan dalam hal pompa air yang selain membutuhkan cara memasang yang benar juga diperlukan tindakan perawatan secara baik sehingga dapat memberikan kinerja maksimal dalam mengalirkan tetesan air kehidupan :-)

Pompa Air jet pump Shimizu PC-250-BIT

http://pompa-plus.blogspot.com/
PC-250 BIT

   Suction Head    : 30 m 

   Discharge Head            : 30 m 

   Total Head       : 60 m 

    Maximum Flow Rate    : 60 ltr/min      

    Motor Output   : 250 Watt      

    Voltage/Hz/Phase         : 220 V/50 Hz/1         

     Automatic         : Yes  

      Pipe Size          : 1.25" x 1"

Pompa Air Sanyo PH 151

http://pompa-plus.blogspot.com/

 SPESIFIKASI :
  • 150 -290 watt
  • Daya hisap max: 9m
  • Daya pancar: 11-17m
  • Kapasitas 25 lt/ mn
  • Automatic stop

Tips Cara Agar Mesin Pompa Air Bekerja Maksimal

http://pompa-plus.blogspot.com/
 Agar mesin pompa air anda dapat bekerja dengan maksimal maka perlu kiranya anda mengikuti tips berikut, agar mesin pompa air dirumah anda dapat bekerja maksimal dan tidak cepat rusak. apabila tegangan listrik di kawasan kurang stabil, pergunakan stabilizer tegangan listrik untuk menghidupkan pompa. Tempatkan mesin pompa air sedekat mungkin dengan sumber air, dengan memperkecil jarak pipa hisap (suction) akan menambah daya semburan pipa dorong (discharge). Jika hal ini tidak memungkinkan karena pertimbangan ruangan, jarak maksimal pipa dari sumur pompa dibatasi sesuai tinggi hisapnya (suction lift). Penempatan pompa harus terlindung dari panas, hujan dan genangan air, dan memiliki sirkulasi udara yang cukup. Tempatkan mesin pompa air tersebut di tempat yang mudah untuk diperiksa jika ada masalah. Dudukan pompa harus kuat untuk mencegah kemiringan setelah beberapa tahun dipakai. Kurangi jumlah tikungan dalam sambungan pipa untuk mencegah kebocoran dalam instalasi pipa. Sekaligus meminimalkan hambatan tenaga. Pasang klem2 pipa dengan baik untuk mencegah tekanan berlebihan pada mesin. Pasang pipa dari pompa secara vertikal ke dalam sumur dengan jarak ujung pipa ke dasar sumur minimal 30 cm, dan ujung pipa terendam di dalam air. Pompa otomatis yang dipasang untuk menyalurkan air ke toran dengan sumber air dari sumur atau bak penampung di bawah, jarak vertikalnya tidak boleh lebih dari tekanan on pada pressure switch (alat pada tangki pompa yang secara otomatis mesin bila keran ditutup). Misalnya, pressure switch on/off = 1.1 ~ 1.8 kgf/cm2. Itu artinya pressure switch on adalah 1.1 kgf/cm2 atau setara dengan 11 meter. Jadi, jarak vertikal antara pompa dan toran tidak boleh lebih dari 11 meter. Tidak boleh ada kebocoran pada instalasi pipa, baik pipa hisap maupun pipa distribusi (dorong). Karena itu pemasangan, penyambungan, dan pengeleman pipa harus dilakukan secara seksama dan benar. Terutama untuk pipa hisap, akibatnya debit air bercampur udara, memancing terus setiap kali menghidupkan pompa atau bahkan air tidak mengalir sama sekali. Sedangkan untuk pipa dorong resiko paling jelek terjadinya kelembaban pada dinding/ruangan tetapi air tetap jalan. Pipa hisap harus dipasang horizontal/miring mendaki menuju ke pompa untuk mencegah udara terperangkap. Keadaan seperti ini akan mengurangi debit air yang keluar. Sebaiknya memasang kawat arde ke dalam tanah untuk menghindari kecelakaan akibat kejutan listrik.

Tips Agar Pompa Air Listrik Tetap Berputar

http://pompa-plus.blogspot.com/
Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan air bersih agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satu cara yang lazim adalah memakai mesin pompa air listrik. Di pasaran, jenis pompa air listrik dibagi berdasarkan dayanya, antara lain, pompa air stardar (100 watt), pompa air semijet (125 watt), dan pompa air jet pump (250-300 watt).

Untuk jenis yang ketiga, biasanya digunakan pada kedalaman lebih dari 20 meter. Saat hendak membelinya, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kocek Anda. Untuk itu, carilah produk yang sudah memiliki jaminan kualitas dan memberikan garansi.

Pastikan juga rumah Anda memadai untuk mendukung operasional pompa air. Selain itu, Anda pun perlu melakukan perawatan rutin agar kelak pompa bisa bertahan lama. Selain mempelajari buku manual dan spesifikasinya, berikut ini beberapa tips praktis perawatan pompa air listrik yang bisa Anda coba:

- Gunakan pipa paralon yang masuk ke dalam tanah dengan panjang sesuai daya isap pompa. Misalnya, daya isap maksimal 20 meter, gunakan pula pipa berukuran 20 meter (jangan yang berukuran lebih pendek). Hal ini akan mendukung daya dorong pompa dan otomatis membuat pompa lebih awet.

- Letakkan mesin pompa air listrik Anda di tempat teduh. Hal ini bertujuan agar tidak langsung terkena sinar matahari dan air hujan, serta mencegah korsleting dari sistem kelistrikannya.

- Untuk bagian lantai area mesin pompa sebaiknya diupayakan "steril" dari tetesan atau genangan air. Bila perlu, berikan semacam tutup pelindung (mudah ditutup dan dibuka) yang mengelilingi mesin pompa.

- Masih dalam urusan penempatan pompa air, sebaiknya Anda tidak meletakkan pompa di tempat rendah atau di bawah sumber isapan air. Pasalnya, hal ini bisa membuat pompa terendam air dan merusak mesin.

- Jangan gunakan pompa jika dalam kondisi kering atau tanpa air. Bila hal itu dilakukan bisa menyebabkan pompa rusak, terutama bagian motor penggerak.

- Hindari juga pengoperasian pompa pada suhu yang ekstrem, Misalnya, pada suhu di atas 40 derajat celsius dan di bawah 5 derajat celsius.

- Secara rutin, buatlah jadwal pembersihan mesin pompa dengan menggunakan oli  atau gemuk (memakai sikat gigi bekas) pada gigi putar atau laher.

- Terakhir, setiap kali Anda selesai menggunakan (air sudah cukup di bak penampung), pastikan untuk mematikan pompa dan melepaskannya dari stop kontak untuk menghemat listrik.

Senin, 21 Januari 2013

Cara Mudah Memperbaiki Pompa Air Type Nasional/Panasonic 125

http://pompa-plus.blogspot.com/
Pompa air merupakan sebuah alat elektronik, yang pada zaman seperti saat ini sudah merupakan kebutuhan bagi mayoritas penduduk yang umumnya bertempat tingal di kota, berdasarkan perioritas pemakaian. Telah hampir 84% penduduk indonesia menggunakan sanya/pompa air.
 Pada pertemuan kita saat ini, saya akan membahas bagaimana cara agar sanyo kita dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Saya akan mengambil contoh sebuah pompa otomatis national/panasonic 125.
 dalam memperbaiki pompa air, hal utama yang harus kita perhatikan adalah, perputaran kumparan spool/dinamo. Sebuah perputaran normal, akan berputar searah dengan jarum jam dan memiliki rotasi yang besar. Perhatikan juga kondisi arus listrik, apa bila sedang terjadi arus pendek, maka disarankan untuk mereverasi pompa anda lain hari.
 Selanjutnya untuk membuka mesin, silahkan buka diawali dari cover fan, bagian muka pompa. Setelah cover fan terbuka, tarik impeller/kipas penghisap, lalu bersihkan seluruh permukaan impeller dengan merata. Lalu, buka spit/snap ring yang mengait mechanical seal, lalu buka seal secara perlahan tanpa merusak permukaan yang bermika di sisi depan mechanical seal.
 Selanjutnya adalah, buka 3 baut penyangga bodi tabung pompa, lalu bersihkan seluruh bagian dalam pompa. Lalu, untuk lahar, dan kumparan, silahkan buka cover block di bagian muka dari kumparan. Dan bersihkan.
nb :
kumparan/gulungan dinamo mesin, jangan sampai terkena air. Karena dapat menyebabkan arus pendek dan merusak kumparan.

 Setelah selesai membuka, dan membersihkan seluruh bagian dari mesin, kita akan merakit/memasang kembali pompa yg telah kita bersihkan, untuk dipakai kembali.

Tips Mengatasi Problem Water Pump SHIMIZU PS-130BIT

http://pompa-plus.blogspot.com/
Mungkin ini adalah masalah ringan, tetapi bisa jadi masalah yg bikin
 anda agak bingung untuk mengatasinya. Jadi semoga tips ringan yang
 saya dapat dari pengalaman saya bisa membantu anda yang ingin
 memperbaiki water pump atau pompa air merk SHIMIZU tipe PS-130Bit.
 Permasalahan kali ini adalah switch otomatis pada pompa air tersebut
 bekerja tidak semestinya, dimana otomatis mati dan hidup lagi dg
 frekuensi yg mungkin terlalu rapat. Kesannya seperti ada pipa yg
 bocor, namun ketika saya perhatikan, tidak ada kebocoran sedikitpun.
 Tetapi ketika pompa air dalam keadaan terhubung ke sumber listrik dan
 semua kran telah ditutup,
 switch otomatis hidup-mati-hidup-mti dg frekuensi yg sangat cepat.
 Awalnya mungkin hanya 5 menit sekali, switch otomatis bekerja atau
 hidup walaupun tidak ada kebocoran atau kran yg dibuka. Namun lama
 kelamaan, switch otomatis bekerja hidup dan mati dalam hitungan detik,
 bahkan lebih cepat dari itu.
 Cara mengatasinya ternyata cukup mudah. Kalau anda mempunyai pompa air
 dg tipe yg sama, anda bisa lihat pada tabung pompa yg diposisikan
 landscape dimana pada umumnya tabung pompa ada pada posisi berdiri.
 Pada ujung tabung di pompa air tipe ini, ada nipple atau dop buat
 mengisi angin yg mirip nipple pada ban sepeda motor. Jadi kita perlu
 sebuah pompa angin untuk sepeda motor. Kalau anda punya pompa angin
 biasa, anda tinggal beli atau ganti ujungnya dg yang sesuai untuk
 sepeda motor. Isikan sedikit angin pada tabung di pompa air tadi.
 Biasanya cukup 2 sampai 3 kali pompa, maka pompa air bisa bekerja
 normal kembali. Cukup mudah dan simple, tapi kalau kurang paham bisa
 bikin pusing.
 Karena beberapa orang menganggap kalau tabung tadi berguna untuk
 cadangan air, tetapi pendapat saya adalah untuk angin. Karena pada
 pompa merk National pun memiliki setelan angin.
 Demikian tips ringan dari saya, semoga berguna!

Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Kurang Tenaga

http://pompa-plus.blogspot.com/
Semakin dalam air maka semakin besar tekanan yang ada didalam air

Oleh karena itu, biasanya pompa air yang harus menyedot air di Sumur yang penuh karena baru saja kehujanan biasanya mengalami kesulitan untuk melakukan kinerja yang seharusnya.

  • Berdasarkan pengalaman yang saya alami di rumah. Berikut adalah Cara mengatasi Pompa air yang ngadat :
  • Buka tabung atas penampung air pada Pompa air
  • Isi dengan air sampai penuh
  • Tutup kembali tabungnya
  • Nyalakan pompa kembali

NB :
Ini berlaku bagi pompa air yang menyala namun air tidak tersedot
Bisa juga digunakan untuk kran air yang penuh sedimen tanah(misal : Endapan lumpur) agar penghalang yang ada di selang/ pipanya bisa keluar dan tidak menghambat turbin

Minggu, 20 Januari 2013

Cara Memilih Pipa Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/


Sekarang ini ada beberapa pilihan pipa yang umumnya digunakan untuk rumah baru Anda. Secara keseluruhan, bisa di bagi ke dalam dua kategori: plastik atau logam. Kemungkinan besar Anda akan menggunakan kedua-duanya sebab mereka mempunyai keuntungan-keuntungan tersendiri. Pipa plastik biasanya cenderung lebih murah dibanding dengan pipa yang terbuat dari logam dan biasanya lebih mudah untuk dipasang.


Pipa tembaga adalah salah satu pilihan yang banyak dikenal pada umumnya dan merupakan kualitas yang terbaik. Sebenarnya, mayoritas rumah sekarang ini dibangun dengan menggunakan pipa air tembaga. Pipa tembaga dijual dengan pilihan kaku atau fleksibel, dan ini juga dinilai dengan ketebalannya. Pilihan pipa tembaga fleksibel lebih disukai oleh banyak pengguna karena dapat lebih mudah diatur dan bisa disusun lebih banyak dibanding dengan pipa tembaga kaku.


Hampir semua penyambungan pipa tembaga disambung bersama-sama, empat proses langkah yang diperlukan untuk penyambungan pipa tembaga:

1. Bersihkan permukaan Pompa atau Pipa dan berhati-hati jangan sentuh permukaan yang sudah dibersihkan.


2. Lapisi permukaan dengan cairan penyambung. Ini dapat meningkatkan bagian-bagian lain menjadi basah dan membantu patri untuk mengalirkan ke dalam koneksi-koneksi dan sambungan-sambungan.


3. Panaskan sambungan sampai cukup panas untuk melelehkan patri.


4. Sentuhkan patrian dengan strip patri ke sambungan (gambar B) dan biarkan itu mengalir.

Catatan: Menjalankan sistem pemasangan pipa tembaga memerlukan keahlian dan pelatihan. Jika anda adalah seorang yang percaya dengan rakitan sendiri, Anda boleh mencoba belajar sendiri atau memilih mencari kontraktor khusus pipa.


Pilihan lain pipa material adalah tabung plastik yang dipanggil CPVC. Perbedaan antara CPVC dan tembaga adalah CPVC bersatu bersama dengan cara di rekatkan dan tembaga disatukan dengan cara dipatri/dipanaskan bersama. CPVC jauh lebih gampang pemakaiannya, jika ada kebocoran atau jika anda harus menambahkan sesuatu, dapat dipotong oleh pemilik rumah, memasang sambungan seperti T, hanya dengan mengelem dan disambung terus. Jika menggunakan sistem tembaga lebih lemah, pipa-pipa harus dikeringkan dan pipa harus dipanaskan dan dipatri, dimana lebih berbahaya
Ada juga pipa air PVC yang bagus untuk berbagai pemakaian. PVC sangat mudah dilarutkan sesuai ukuran yang diinginkan dan penyambungan standar. Pada dasarnya plastik dilelehkan dengan bahan pelarut plastik untuk penyambungan, dan anda akan mendapatkan rekatan yang sangat kuat, dan sambungan tahan air..
Untuk pilihan selanjutnya PEX adalah pipa kuat dan tahan lama untuk jangka panjang, tahan tekanan tinggi, tahan temperature tinggi yang telah diuji ketahanannya dan diperkirakan untuk lebih dari 100 tahun. Dan tidak memerlukan tenaga kerja seperti pipa tembaga yang perlu di patri oleh pekerja. PEX merupakan pemecahan dalam pemasangan pipa ledeng yang sangat terkenal karena kemudahan dalam pemasangan dan flesksibilitasnya dalam mengaplikasikannya ke beberapa fungsi yang berhubungan dengan pipa yang ada di dalam pompa air dan untuk perawatan selanjutnya cobalah sering periksa mesin pompa air / pipa air anda apabila rusak datang kepada tukang servis pompa

Cara Memasang Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/
Pompa air yang berkualitas baik menghasilkan kinerja mesin yang baik pula. Selain itu mesin juga tidak gampang terserang gangguan atau kerusakan-kerusakan pada elemen mesin. Pemasangan mesin yang baik dan benar akan berdampak pada kinerja misen. Berikut adalah cara memasang pompa air:
  1. Marking lokasi pemasangan pompa. Hal ini hanya dilakukan jika pompa di pasang pada lokasi yang sangat membutuhkan keakuratan pengukuran seperti gedung bertingkat, sedangkan untuk rumah atau hunian biasa cukup ditempatkan selayaknya saja.
  2. Membangun pondasi pompa dengan memperhatikan kelurusan serta kerataan pondasi pompa yang dibangun. Sebagai alternatif untuk memperpanjang umur pompa, pondasi pompa dapat dibuat dari beton. Hal ini karena kebanyakan pompa air terbuat dari besi maka untuk mengimbanginya dibutuhkan pondasi yang terbuat dari beton.
  3. Pemasangan pompa dilakukan setelah seluruh instalasi pendukung seperti kabel listrik dan pipa plumbing terpasang dengan benar.
  4. Membaca dengan teliti buku petunjuk pemasangan pompa karena pada umumnya, beda merk beda pula cara-cara perakitannya.
  5. Menyambungkan instalasi daya pada pompa.
  6. Mengatur pressure switch pada pompa.
  7. Melakukan running test pada pompa.
  8. Jika terdapat kesulitan, lakukan kerja sama dengan para kontraktor elektrikal mekanikal atau tukang plumbing.
Pemasangan pipa yang diletakkan di dalam keramik sebaiknya menggunakan pipa tebal. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi di kemudia hari. Untuk mendapatkan kinerja mesin pompa air yang maksimal tidak hanya dibutuhkan pemasangan yang benar tetapi juga perawatan mesin yang optimal.

Pompa Air Tenaga Surya PS-1200

http://pompa-plus.blogspot.com/
Spesifikasi Paket Pompa Air 20m³/hari adalah :
1. Pompa Submersible PS 1200+ Driver Inverter
2. Pipa HDPE 1,5 inch 25 meter + Conector + Conduit ke pipa 2 inchi
3. Panel surya 50 wp 24 unit
4. Probe Sensor, waterflow
4. Tiang Penyangga
5. Penangkal petir system

KETERANGAN SYSTEM POMPA
~ Max. total dynamic head 50 meters.
~ Max. flow rate 2,6 m3/h.
KEUNTUNGAN POMPA SURYA
~ Tidak menggunakan listrik PLN/Genset.
~ Berdiri mandiri dan flexsible.
~ Desain sumber mata air yang dalam.
~ Tidak menggunakan battery.
~ Bekerja secara otomatis.
~ Pengairan sawah, kebun, air desa MCK.
~ Kualitas lebih awet dan bergaransi.

Spesifikasi Produk Pompa Air Yang Salah

http://pompa-plus.blogspot.com/
Sering kali yang banyak beredar di masyarakat ( bahkan oleh perancang & pembuat kolam senior ) adalah kapasitas pompa berbeda atau tidak sama dengan yang tercantum dalam spesifikasi produk.
Yang beredar di masyarakat bahwa kapasitas pompa hanya 85 % dari yang tertera di spesifikasi mereka.
Apakah hal tersebut benar ?
Dalam menentukan benar tidaknya hal tersebut kita harus melihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda.
Dari produsen sudut pandang produsen spesifikasi yang tercantum atau yang mereka cantum kan berdasarkan perhitungan teknis mereka dalam memperhitungkan kapasitas pompa itu sendiri.
Dalam hal ini penulis sendiri mempercayai kapasitas pompa tersebut adalah sepenuhnya benar dengan toleransi beberapa persen tentunya, walupun memang ada produsen yang “ nakal “ dengan bermain – main dengan spesifikasi mereka.
Dari sudat pandang pengguna adalah kenyataan pada saat menggunakan produk pompa air ( water pump ), yang kalau penulis anggap hanyalah kesalah pahaman belaka.

Yang terlupakan
Yang banyak dilupakan adalah pemahaman spesifikasi produk yang hanya sekilas saja tampa pemahaman secara mendalam.
Seharusnya dalam mempertimbangkan pemilihan pompa adalah spesifikasi secara menyeluruh.
Bukan berdasarkan pada spesifikasi singkat produk pompa air ( water pump ), yang hanya mencantumkan ketinggian maksimal (H.max ), Volume maksimal ( max. L/H ), daya listrik (watt ), dan beberapa hal lain.
Dan hal yang sering kita lewatkan adalah perhitungan antara volume debit air dengan perhitungan ketinggian pada spesifikasi pompa.
Yang dimaksud dengan Volume air maksimal pada spesifikasi pompa adalah Volume air air maksimal pada ketinggian tertentu ( pada umumnya pada 0 meter ), sehingga apabila posisi output pompa yang kita pakai lebih tinggi dari kedudukan pompa air, debit air yang dikeluarkan oleh pompa otomatis akan berkurang tergantung tinggi letak out put nya.

Cara Mengetahui Kapasitas Suatu Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/

Cara yang paling mudah dengan melihat kapasitas yang terdapat pada produk pompa air ( water pump ) itu sendiri. Hampir setiap produk pompa air ( water pump ) yang tersedia dipasaran dari berbagai merk yang tersedia selalu mencantumkan kapasitas pompa air ( water pump ) tersebut.
Sering kali yang tercantum adalah volume kapasitas maksimal , ketinggian maksimal dan daya listrik yang digunakan.
Dari keterangan yang tercantum dalam spesifikasi produk tersebut kita dapat menentukan yang ideal hanya berdasarkan kapasitas volume kolam ikan dan akuarium, jadi factor lain yang berpengaruh tidak diperhitungkan.
Bagaimana memperhitungkan factor – factor lain? Untuk perhitungan untuk factor – factor lain memerlukan suatu kemampuan lain yang bersifat teknis dan matematis yang sangat rumit untuk dimengerti tentu hal ini tidak berlaku untuk para expert dan ahli fisika yang telah mempunyai pengetahuan yang mumpuni.

Cara Memilih Pompa Air

http://pompa-plus.blogspot.com/


Sering kali yang banyak dilupakan,diabaikan dan dipertanyakan dalam merancang kolam ikan ataupun akuarium adalah kapasitas pompa air ( water pump ).
Pemilihan pompa air ( water pump ) sangat berpengaruh dalam sistim rancang bangun suatu kolam ikan maupun akuarium. Pemilihan pompa air ( water pump ) harus sesuai dengan rancang bangun serta beberapa pertimbangan lain misalkan dari segi managemen biaya.
Yang harus menjadi pedoman kita dalam menentukan pilihan pompa air ( water pump ) adalah kemampuan pompa untuk dapat mengatur air agar dapat melewati sistim filtrasi yang kita rancang sesering mungkin, semakin sering air “diputar” melalui sistim filtrasi akan semakin baik, namun yang juga harus menjadi pertimbangan adalah efek pengaruh kekuatan pompa air ( water pump ) terhadap penghuni kolam itu sendiri.
Dari pertimbangan tersebut di atas pilihan pompa kolam yang ideal adalah pilihan yang paling baik.
Seperti apa pompa air ( water pump ) yang ideal ? Mungkin itu yang sekarang menjadi pertanyaan.
Untuk menentukan pompa air ( water pump ) yang ideal banyak factor yang mempengaruhi dan menentukan diantaranya yang paling berpengaruh adalah volume kolam ikan / akuarium dan sistim & model aliran atau jalur air kolam / akuarium itu sendiri.
Pompa ( water pump ) yang ideal berdasarkan perhitungan volume kolam ikan / akuarium adalah salah satu factor yang paling mudah untuk di perhitungkan.
Pompa yang ideal harus mempunyai kapasitas untuk dapat memutar air ke sistim filtrasi satu kali dalam waktu satu jam sekali. Dan hal itu dapat kita perhitungkan dengan kapasitas pompa yang harus dapat menguras total air kolam ikan / akuariun dalam waktu satu jam.
Perhitungan berdasarkan rancang bangun kolam ikan / akuarium itu yang sering kali menjadi handicap tersendiri dikarenakan banyaknya factor yang berpengaruh didalamnya.
Banyak sekali factor – factor tersebut diantaranya adalah ketinggian out put pompa air ( water pump ), besarnya pipa / selang yang digunakan, banyaknya sudut yang dilalui dari in put awal pompa air ( water pump ) ke out put akhir saluran ditribusi pompa air ( water pump ), yang seringkali dilupakan juga adalah konektor ( penyambung ) di dalam sistim distribusi air itu sendiri yang sangat berpengaruh terhadap debit air.

cara memperbaiki pompa air

http://pompa-plus.blogspot.com/
Anda pernah mengalami Pompa Air di rumah tiba-tiba mati atau rusak dan air tak keluar setetes pun? Bagaimana perasaan anda menghadapi situasi ini? Saya sendiri sering mengalaminya, wah jadi ketahuan nih pompa air di rumah sering rusak, mungkin anda berpikir pasti pompa airnya jelek..he..he…

Apa maksudnya ini? Apa pentingnya menceritakan pompa air di rumah? Apa hubungannya dengan tema blog ini? Begini teman, saya hanya ingin berbagi pengalaman, saya mendapat pelajaran berharga dari sering rusaknya pompa air di rumah. Pelajaran berharga seperti apa? Silakan ikuti ceritanya.

Waktu pertama kali pompa air di rumah tiba-tiba mati tanpa sebab, saya bingung dan pusing tujuh keliling. Sementara air di bak mandi sangat sedikit, hanya cukup untuk cuci muka. Untuk mandi tiga orang (saya, istri dan anak) nggak cukup, untuk masak dan cuci piring juga nggak cukup. Rumah kami jauh dari tetangga, rumah terdekat adalah rumah Pak Haji, mantan Boss saya yang jaraknya sekitar 30 meter dari rumah.

Yang saya pikirkan waktu itu, “Bagian mana yang rusak dari pompa air itu? Kalau ada bagian yang harus diganti berapa harganya? Jangan-jangan pompanya tidak bisa diperbaiki dan harus beli yang baru? Sementara untuk beli yang baru saya nggak pegang uang. Saya juga tidak tahu siapa tukang servis pompa oir terdekat yang bisa dihubungi.” Pokoknya waktu itu saya bingung, pusing,cemas dan khawatir memikirkan pompa air yang tiba-tiba rusak. Akhirnya solusi daruratnya saya minta air ke rumah Pak Haji, tetangga yang mantan Boss saya, untuk sekedar mandi dan memasak. Ya, mau tak mau sayu harus bolak-balik menjinjing dua ember berisi air dari rumah Pak Haji ke rumah saya. Lebih dari 20 ember air yang saya angkut untuk mengisi bak mandi terisi penuh.

Besoknya, saya meminta adik ipar untuk membantu mengangkat pompa air dari dalam sumur (timba). Selanjutnya pompa air diperiksa bagian yang rusaknya. Karena kami sama-sama tidak tahu bagian mana yang rusak, akhirnya pompa air itu kami bawa ke tukang servis di pasar terdekat yang jaraknya dari rumah sekitar 5 km. Setelah di periksa oleh ahlinya ketahuanlah bagian yang rusaknya, ternyata hanya sebuah alat kecil seharga 10 ribu rupiah. Setalah alatnya diganti dan dicoba ternyata bagus. Saya membayar ongkos servisnya 10 ribu rupiah. Pompa air dipasang lagi dan airpun mengalir lagi dengan lancar, wah plong rasanya.

Kerusakan pompa air bukan hanya sekali, tapi barkali-kali, maklum usia pompanya mungkin cukup tua. Setiap kali rusak, setiap kali itu pula aku bingung, cemas dan khawatir. Suatu waktu saat aku masih berada di tempat kerja, istriku menelepon, mengabarkan bahwa pompa air di rumah rusak lagi, air sama sekali nggak keluar. Saya coba tanya seorang teman soal tukang servis pompa yang pengalaman. Ternyata dia tahu persis seorang temannya yang tukang servis pompa air. Dia langsung menelepon temannya itu untuk segera melihat dan memperbaiki pompa air di rumah saya yang rusak. Malam itu juga si tukang servis (Kang Ujang, namanya) datang ke rumah melihat-melihat pompa air itu.

Esok paginya Ujang datang lagi untuk memperbaikinya (kesan pertama, pelayannya bagus). Karena hari itu saya masuk kerja, jadi nggak sempat melihat gimana Ujang memperbaiki pompa air. Siangnya istri saya memberi kabar bahwa pompa airnya sudah selesai diperbaiki dan air sudah mengalir lancar lagi. “Alhamdulillah,” kataku dalam hati.

Sekitar seminggu kemudian, malam hari saat saya masih di tempat kerja, ibunya anak-anak (bahasa sunda : indungna barudak,….he..he..) telepon, katanya pompa air mati lagi, air sama sekali nggak jalan. Kali ini saya nggak bingung lagi, segera telepon kang Ujang untuk melihat barangkali ada masalah lain yang menyebabkan pompa air mati. Ujang janji akan ke rumah begitu saya pulang. Singkat cerita kami berdua sudah berada di atas sumur (timba). Ujang mulai beraksi, saya membantu mengangkat pompa air dari dalam sumur. Saya perhatikan, bagaimana Ujang mulai memeriksa bagian demi bagian pompa air dengan cekatan dan teliti (ya, sekalian belajar…). Sekitar sejam dia memperbaiki pompa, ee…pas dipasang, pipa paralonnya malah pecah……jadinya gak bisa dipasang deh pompanya. Tapi, paling tidak masalahnya sudah diketahui. Akhirnya aku bilang ke Ujang, “Kang Ujang, udah besok aja pasang pompanya, malam ini biarlah saya ngambil air dari sumur Pak Haji saja, sudah terlalu malam.” Malam itu, saya ngambil air dari sumurnya Pak Haji. Tidak kurang dari 30 ember saya ngangkut air dengan menjinjing dua ember sekali angkut. Lumayan capek, tapi gak apalah paling tidak untuk malam itu masalah air teratasi.

Sambil duduk melepas lelah di ruang keluarga, saya merenungi apa yang sudah terjadi dengan pompa air yang sudah membuat saya bingung, pusing, cemas dan khawatir. Tapi, malam itu walaupun capek, saya bisa menjalaninya dengan tenang, tak terlalu khawatir lagi jika pompa air tiba-tiba rusak atau mati. Mengapa? Karena saya sudah tahu masalahnya, sudah tahu solusinya, solusi alternatifnya bahkan solusi daruratnya. Dulu saya bingung, cemas dan khawatir karena belum tahu masalahnya, belum tahu solusinya, akibatnya saya khawatir dan takut berlebihan. Saya memikirkan hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi dan akibat lanjutannya jika pompa air rusak. Saya membayangkan kemungkinan-kemungkinan negatif yang sebenarnya dilebih-lebihkan ketimbang kenyataan yang mungkin terjadi.

Ketidak-tahuan menyebabkan kekhawatiran dan ketakutan berlebihan. Seringnya mengalami kejadian serupa juga membuat kita terbiasa dan tak khawatir lagi.
Itulah pelajaran berharga yang saya perolah dari pengalaman rusaknya pompa air.