Senin, 07 Januari 2013

Tips Merawat dan Memperbaiki Pompa Air

Tips Merawat dan Memperbaiki Pompa Air
Air sangat besar manfaatnya dalam kehidupan, baik untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, maupun industri. Banyak cara untuk mendapatkan air. Salah satunya dengan memanfaatkan mesin pompa. Saat ini, pompa air telah dimanfaatkan di berbagai bidang, mulai dari skala perumahan sampai industri. Pompa air sangat membantu dalam mendapatkan air bersih yang lebih praktis, banyak, dan cepat.

Begitu pentingnya pompa air dalam mendapatkan air, masalah pun akan terjadi, yaitu ketika mesin pompa ini mengalami kerusakan. Betapa repotnya jika pompa air yang biasa digunakan tidak dapat bekerja. Selain itu untuk mendapatkan tukang service pompa air kadang susah-susah gampang. Apalagi sering dijumpai tukang service “nakal” dan meminta jasa service yang cukup mahal, bahkan hampir sama dengan membeli baru. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang cukup dalam memilih, merawat, dan memperbaiki pompa air sehingga anda tidak di tipu oleh jasa servise pompa air / jet pump.  

 Memilih Pompa Air 
Bagi Anda yang kurang memahami mengenai memilih pompa air yang tepat untuk rumah Anda, tenang. Ada datang ke artikel yang tepat. Perhatikan beberapa hal singkat kami ini dan pertimbangkan pilihan Anda selanjutnya. Tidak ada yang sulit dalam memilih pompa air untuk kebutuhan Anda, bahkan jauh lebih sulit untuk memilih jodoh Anda.

Apa yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Jika Anda telah menggunakan pompa sebelumnya tentu jauh lebih mudah untuk menentukan pompa yang tepat. Cukup lihat spesifikasi yang ada pada pompa Anda dan beli yang sejenis jika telah tidak darpat berfungsi, atau tambahkan daya jika ternyata kebutuhan yang diperlukan lebih tinggi dari daya pompa Anda sebelumnya. Lantas bagaimana jika Anda baru memulai menggunakan pompa dan baru akan melakukan pengeboran sumur pompa? Perhatikan pertama kali adalah kedalaman sumur pompa. Cara paling mudah untuk menentukan kedalaman pompa adalah bertanya kepada kiri kanan Anda. Seberapa dalam kedalaman pengeboran sekitar Anda. Ini cara mudah mengetahui muka air tanah dilokasi Anda. Setelah mendapatkan perkiraan silahkan lakukan pengeboran dan buktikan kedalaman muka air tanah tempat Anda. Konsultasikan dengan pihak pengeboran Anda.

Perhatian kedua memilih pompa paling awal adalah jenis pompa yang dibutuhkan. Apakah sumur dangkal untuk muka air dibawah 9 meter, atau lebih dari itu dengan jenis pompa sumur dalam. Biasa dengan menggunakan sistem jet. Pompa jet pump normal bisa untuk kedalaman hingga maksimal 50 meter, dan hampir semua merek mempunyai tipe jet pump seperti ini.

Perhatian ketiga adalah anggaran Anda. Ini adalah perhatian yang menurut kami utama pula, sesuaikan dengan kantong Anda walaupun dengan anggaran tipis Anda sedikit banyak mengorbankan kualitas produk. Pada dasarnya produk pompa air yang beredar dipasaran terbagi dalam beberapa segmentasi pasar? tentukan yang mana segment Anda untuk kemudian menentukan merek yang akan digunakan.

Pembagian paling sederhana adalah merek non China seperti Grundfos (Denmark), Pedrollo (Italy), jet pump Sanyo dan Hitachi (Japan) adalah merek papan atas. Harga sebanding dengan kualitas yang dihasilkan. Tentunya dengan keawetan produk yang mencapai 10 tahun bahkan lebih umur pemakai normal. Merek medium hingga low-end dapat ditemui untuk berbagai merek Korea atau China. Banyak sekali merek yang beredar dipasar dengan kualitas plus minus. Indoteknik memiliki seperti, Wasser, Shimizu, Multipro, Marquis, NLG, DAB dan banyak lainnya.

Demikian kiranya tips memilih pompa paling sederhana. Kesempatan lain akan kami tampilkan secara teknis untuk semakin mempermudah Anda memilihnya. Salam.

0 komentar:

Poskan Komentar