Selasa, 08 Januari 2013

Tips Merawat Pompa Air Di Rumah pompa-plus

Tips Merawat Pompa Air Di Rumah Pompa-Plus

Seringkali pompa air di rumah mengalami masalah,yang pertama yaitu tidak keluar air dan yang ke dua pompanya yang mati. Dalam tips merawat rumah dan properti kali ini akan di bahas beberapa penyebab pompa air mati.
Tips Merawat Pompa Air Di Rumah pompa-plus

Langsung aja kita ke topik inti,Pompa air mati bisa di sebabkan:

1.Arus listrik yang men-suplai putus di tengah jalan.
2.Rotor macet (tidak berputar.
3.Kumparan motor terbakar.
4.Capasitor lemah/mati.

Langkah yang harus di lakukan:


  • Buka cover pelindung terminal listrik yang menempel di bodi motor,cek tegangan listrik dengan tespen.
  • Jika tespen menyala artinya tidak ada masalah dengan listrik.  jika tak ada listrik meskipun saklar sudah ON maka ada kabel yang putus,cek atau ganti dengan kabel baru.sebelumnya cek juga saklarnya.
  • Kemudian buka cover pelindung kipas,putar kipas yang bersirip jika lancar berarti tak ada masalah.
  • Coba cium adakah bau hangus pada as kipas tersebut. jika ada bau hangus,jalan terakhir gulung ulang atau beli baru tapi kalau tidak ada bau artinya tidak ada masalah dengan kumparan.
  • Lanjut cek capasitor( bentuknya ada yang bulat panjang ada juga yang kotak)untuk mengecek kapasitor agak sulit jika tak punya multi tester jalan lainnya beli baru sesuai dengan contoh yang ada.

Itulah kemungkinan terbesar penyebab pompa air mati yang pastinya membuat susah apalagi pipa dari PDAM juga mati,kebayang repotnya.

Kemudian ada masalah ke dua yang menyebabkan air mati yaitu pompa hidup tapi tidak keluar air. penjelasannya nyambung artikel berikutnya yah?! ngantuk banget nih...

0 komentar:

Posting Komentar